Kamis, 28 September 2017

Dunia Nyata dan GIS 1



Kompleksitas Dunia Nyata

  • Dunia nyata (real world) adalah segala sesuatu yang terdapat di alam.
  • Dunia nyata memiliki kompleksitas baik dari ukuran, jenis dan waktu peristiwa.
  • Komplesitas mengakibatkan sulitnya manusia menggambarkan dunia nyata tersebut.
 Gambaran dunia nyata 


Penggambaran Dunia Nyata
  • Penyederhanaan,Klasifikasi, dan Simbolisasi sesuai dengan interpretasi masing-masing individu.
  • Tidak mingkin sekaligus digambarkan secara lengkap, detil, dan sempurna.
  • Dipengaruhi oleh pengalaman dan pengetahuanmasing-masing individu atas dunia nyata sebagai lingkungannya.
    Konsep Hubungan
Jenis Entitas  
   Jenis entitas didasarkan atas asumsi bahwa fenomena yang seragam dapat digolongkan ke dalam klasifikasi yang sama. Klasifikasi jenis harus memiliki nama yang unik.

Atribut Entitas 
  •  Atribut entitas merupakan data yang menerangkan sebuah jenis entitas. Sebuah jenis entitas memungkinkan memiliki lebih dari satu data atribut.
  • Misalnya, sebuah jalan memiliki data atribut nama, lebar, kelas jalan, kepadatan, dan lain-lain.
 
Hubungan Entitas
  • Sebuah entitas memiliki hubungan atau keterkaitan dengan entitas-entitas yang lain.
  • Untuk menjelaskan sebuah entitas tersebut dengan entitas-entitas di sekitarnya.

Objek
Objek adalah pembawa informasi bagi sebuah model data. Objek dicirikan oleh tipe, atribut, hubungan, geometri, dan kualitas. Masing-masing objek memiliki identitas yang tidak ada kesamaannya dengan objek lain (unique).

Simbol Objek
Objek dalam peta disimbolkan dengan titik, garis, dan area. Sebuah objek kota dapat digambarkan dengan area ataupun dengan titik. 

Titik :
  • Titik adalah symbol tanpa dimensi.
  • Digunakan untuk menggambarkan objek yang tidak memiliki kenampakan unsur ukuran geometris pada peta, missal puncak gunung, gedung, rumah, tempat kejadian peristiwa, dan lain-lain.
  • Titik memberikan informasi lokasi dengan posisi koordinatnya.
  •   Dalam skala yang lebih besar, mungkin saja objek yang digambarkan dengan symbol titik tadi diubah kedalam bentuk area.

Garis :
  • Garis adalah simbol satu dimensional yang memiliki satuan panjang.
  •   Sebuah titik terdiri dari minimal dua titik (start node dan end node).
Area/Poligon :
  •  Area sering pula disebut dengan polygon.
  • Area merupakan simbol dua dimensional. 
  •  Area memberikan informasi mengenai unsur wilayah.

Model Dunia Nyata
  • Model dunia nyata menerangkan kenyataan yang ada pada dunia nyata.
  • Pembawa informasi dari model dunia nyata ini adalah entitas.
  • Entitas terdiri dari: Klasifikasi Jenis(type classification), atribut (atrtribute), hubungan (relationsip).

Model Data
  • Model Data merupakan penterjemahan dari model dunia nyata.
  • Mode data memungkinkan dirancang untuk mencakup hal-ha berikut:
    1. Objek Fisik 
    2. Objek terklasifikasi 
    3. kejadian atau peristiwa 
    4. Objek yang memiliki perubahan berkelanjutan. 
    5. Objek Buatan.
  • Sebuah Model data dapat memiliki banyak objek.
  • Masing-masing objek inilah yang selanjutnya terhubung dengan informasi dalam kemasan basis data.
  • Objek merupakan pembawa informasi model data.

Dunia Nyata Dalam GIS
Database dari GIS dapat berisi :
         Objek-objek nyata dalam versi digital
   missal : rumah, jalan, hutan, dan lain-lain.
         Objek-objek buatan (atau khayalan) dalam versi digital
   missal : batas wilayah.

Layer
Contoh : Layer bias terdiri dari satu segmen sungai atau gabungan dari sungai, danau, garis pantai dan rawa. Pilihan tergantung sistem seperti model database. Beberapa database spasial dibangun dengan mengkombinasikan semua entitas dalam satu layer.


Gis & Modelling
Objek dan field discrete adalah bentuk dari model data ‘conceptual’.
Dua tipe utama :
         Model data raster.
         Model data vector.

Model Data Raster
Membagi dunia sel-sel persegi
         Mencatat sudut bumi
         Merepresentasikan objek diskrit sebagai kumpulan sel.
         Menetapkan nilai atribut ke sel
Umum digunakan untuk merepresentasikan fielt daripada objek diskrit.
Karakteristik :
  1. Ukuran piksel
  2. Skema tetap 

Model Data Vektor
Digunakan untuk representasi titik,garis dan area semua direpresentasikan menggunakan koordinat satu event per vektor titik mempunyai panjang dan area 0 garis sebagai polyline.
  1.  Garis lurus antar titik area sebagai polygon
  2.  Garis lurus antar titik,dihubungkan kembali ke titik  awal
Raster Vs Vektor
·       Volume data
  1. Raster mempunyai ukuran sel yang besar
  2. Format data dan kompresi dapat digunakan
·       Sumber data
  1. Raster baik untuk remote sensing,evelation data
  2. Vektor digunakan untuk data administratif
·       Kecocokan software
  1. Beberapa git cocok untuk raster (erdas,envi)
  2. Beberapa cocok untuk vektor (arcgis,geomedia)
Menyimpan Data Atribut
         Data atribut disimpan terpisah dari data koordinat tiap identitas dari fitur dapat dihubungkan dengan 

Menyimpan Data Atribut
  • Kita harus dapat mendesain database yang tidak memiliki banyak redundancy
  • Menggunakan database relational
  • Proses untuk memisahkan beberapa tabel  disebut "normalisasi"
*Pengelolaan data atribut sangatlah penting
Contoh = pada aplikasi GIS untuk Socioeconomic,komponen data atribut biasanya jauh lebih besar dari pada komponen  database.Misal:hanya ada sedikit provisi, tetapi terdapat beratus-ratus variabel.

Kualitas Data Objek
Untuk mendapatkan aplikasi GIS yang baik,perlu diperhatikan kualitas dari data objek yang ada Pertimbangan untuk kualitas data:
  •  Ketelitian spasial (grafis/geometrik)
  • Update data terakhir
  • Tingkat detil data (resolusi)
  • Luas cakupan geografis dan atribut-atributnya
  •  onsistensi logika yang terdapat di antara objek geometri  dengan atribut-atributnya :
  • Jenis representasi:diskrit atau contiue
  • Relevansi =jika data asli sulit didapat,bias digunakan data pengganti yang relevan

 


 

 

 




 

0 komentar:

Posting Komentar